• Facebook
  • Twitter
  • Google+

blog.fabilskin.co.id – Jerawat adalah salah satu hal yang menakutkan bagi kaum wanita, sebelumnya telah dibahas manfaat dari minyak zaitun untuk wajah. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan  phenolic dan zat besi yang baik untuk tubuh dan kulit tentunya.

Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

1. Minyak zaitun saja

Menggunakan minyak zaitun murni tanpa campuran apapun dapat memperlancar sirkulasi darah sekaligus  menghilangkan kotoran dan sel kulti mati. Di samping itu minyak zaitun memiliki sifat anti bakerial yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya cukup mudah, sebelum tidur kamu cukup menuangkan sedikit minyak zaitun di tangan lalu pijat lembut di wajah. Diamkan minyak zaitun di wajah semalam-malaman, lalu bilas dengan air keesokan harinya.

2. Minyak zaitun dan bawang putih

Minyak zaitun memiliki kandungan anti oksidan yang dapat menyamarkan jerawat sekaligus mengurangi bengkak, kemerahan, dan radang. Selain itu minyak zaitun juga bisa menangkal radikal bebas yang bisa merusak kulit karna memiliki kandungan polifenol

Sementara itu bawang putih tak hanya bersifat antibakteri, namun juga antivirus, antiseptik, dan antijamur sehingga dapat mencegah penyumbatan pori-pori wajah. Lebih dari itu, kandungan alisin dari bawang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian kombinasi keduanya boleh dibilang sangat ampuh untuk atasi jerawat.

kamu tinggal mengupas 4 siung bawang putih, lalu masukkan itu ke dalam blender. Tambahkan 4 sdm extra virgin olive oil, dan blender keduanya hingga lembut. Kemudian, konsumsi jus bawang dan minyak zaitun tadi sebanyak 1 sdm (2 kali sehari). Jangan lupa untuk tetap minum air putih secukupnya pada sepanjang hari. Masukkan sisa jus bawang dan zaitun tadi dalam wadah kedap udara, simpan itu dalam lemari es untuk diminum keesokan harinya. Jus ini dapat bertahan hingga 3 hari lamanya.

3. Minyak zaitun dan garam laut

Seperti yang disebutkan sebelumnya, minyak zaitun dapat mengikis sel kulit mati dan kotoran lain yang menyumbat pori-pori. Selain itu,  asam lemak esensial dan nutrisi dari minyak ini bisa membantu menyembuhkan kulit rusak. Tak hanya itu saja, minyak zaitun mampu menjaga kulit tetap bersih sekaligus mendongkrak sistem imun sehingga infeksi penyebab jerawat dapat dihindarkan. Semua ini berkat kandungan vitamin D, K, E, serta asam lemak tak jenuh dan beta karoten di dalamnya.

Nah untuk menggunakan minyak zaitun sebagai scrub, kombinasikan itu dengan garam laut. Campurkan seperempat sampai setengah cangkir minyak zaitun murni dengan 1 cangkir garam laut, aduk hingga terbentuk adonan mirip pasta. Setelah itu, gunakan air biasa untuk mencuci wajah, lalu aplikasikan pasta tadi ke kulit (dalam keadaan masih basah). Perlahan pijat wajah dengan gerakan melingkar.

Diamkan selama 5 menit sebelum membilas wajah menggunakan air hangat. Lalu pijat wajah menggunakan ujung jari dengan minyak zaitun saja hingga terserap seluruhnya. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali seminggu. Dan untuk sisa campuran garam laut dan minyak zaitun tadi bisa disimpan dan bertahan dalam lemari es hingga 3 hari lamanya.

4. Minyak zaitun dan air lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon tak cuma dapat mengeliminasi sel kulit mati yang biasa menyumbat pori-pori, tapi juga mengurangi kelebihan minyak penyebab jerawat. Di samping itu, lemon mampu membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mendongkrak sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah infeksi datang kembali.

Untuk mengatasi jerawat dengan minyak zaitun dan lemon, campurkan seperempat sendok teh minyak zaitun murni dengan sedikit perasan lemon segar. Pijatkan ke kulit dengan gerakan melingkar, lalu bilas dengan air 5-10 menit kemudian. Ulangi cara meredakan jerawat ini setiap hari. Dan kamu juga bisa memijatkan minyak zaitun ke wajah setelah proses tadi selesai, kemudian dibilas agar hasilnya lebih optimal

5. Minyak Zaitun dan baking soda

Baking soda memang merupakan salah satu bahan alami pereda jerawat terbaik. Tak hanya dapat mengikis toksin berbahaya dari kulit, bubuk putih ini juga bisa menyeimbangkan pH kulit. Lebih dari itu, baking soda bersifat antiradang sehingga bisa mengurangi bengkak dan kemerahan pada kulit. Untuk mengombinasikannya dengan minyak zaitun, ikuti petunjuk berikut:

  • Pertama-tama, ambil 1 sdt baking soda dan 1 sdm minyak zaitun murni, lalu campur keduanya hingga rata.
  • Cuci muka dengan air, dan dalam keadaan masih basah, pijatkan adonan tadi ke wajah dengan gerakan melingkar.
  • Setelah 10-20 menit, gunakan air hangat untuk membilas wajah, dan tepuk-tepuk lembut pakai handuk hingga wajah kering.
  • Lakukan cara ini setiap hari agar jerawat cepat hilang.

itu dia tadi cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun, semoga artikel ini dapat bermanfaat ya